Minggu, 11 Oktober 2015



Banyak orang mengatakan bahwa sistem operasi Android adalah OS yang "memory hog" atau rakus memori RAM. Mungkin mereka tidak salah, sebab, yang selama ini saya lihat, kelihatannya memang seperti itu adanya. Saya sudah mengamati task manajer di beberapa perangkat Android dengan jumlah RAM yang berbeda - beda. Dan, hampir semua perangkat yang saya amati, RAM yang digunakan hampir selalu penuh, atau lebih dari 70% dari total RAM yang ada di perangkat tersebut, dan hanya menyisakan 30% Free RAM.

Padahal, perangkat - perangkat yang saya amati tersebut tidak sedang menjalankan aplikasi tertentu, paling hanya launcher dan beberapa widget yang ditampilkan di homescreen.

Rasa penasaran saya pun muncul, apakah OS Android mempunyai cara "khusus" dalam mengelola RAM ?

Berawal dari rasa penasaran tersebut, saya akhirnya membuat sebuah tes kecil - kecilan. Pada tes ini versi android yang digunakan adalah versi 4.4.2 (Kitkat).


Saya pun melakukan sebuah pengetesan yang sangat simpel. Berikut langkah - langkah pengetesan yang saya lakukan :

1. Pertama - tama, saya akan mengecek "Free RAM" atau RAM yang bebas di perangkat saya. 

2. Setelah itu, saya akan memainkan Game Asphalt 8 di perangkat saya. Game ini sangat berat dan memakan banyak memori RAM.

3. Selesai bermain Asphalt 8, saya akan kembali mengecek "Free RAM" di perangkat saya.

4. Lalu, saya akan tunggu beberapa saat, dan kembali mengecek "Free RAM" yang tersedia.



Berikut ini adalah hasil dari pengetesan yang saya lakukan :

  • Sebelum bermain game, "Free RAM" yang tersedia sebanyak 120 MB (perhatikan tanda panah merah).





  • Setelah bermain game Asphalt 8, "Free RAM" yang tersedia meningkat menjadi 135 MB (perhatikan tanda panah merah).




  • Saya diamkan perangkat saya sekitar 30 menit (perhatikan Jam pada Screenshot) tanpa melakukan apapun, dan "Free RAM" kembali turun menjadi 103 MB (perhatikan tanda panah merah).




Dari pengetesan tersebut, saya menarik kesimpulan bahwa saat bermain Game Asphalt 8, Sistem Operasi Android memberhentikan banyak proses yang berjalan di latar belakang, dengan tujuan membebaskan RAM untuk menjalankan aplikasi Game Asphalt 8. Terbukti dari naiknya free RAM dari 120 MB menjadi 135 MB.

Saat keluar dari Game Asphalt 8, maka sistem Android menjalankan kembali proses - proses yang sebelumnya dihentikan, maka dari itu "Free RAM" turun kembali menjadi 103 MB.

Jadi, sejauh ini dapat kita simpulkan, sistem Android sudah sangat handal dalam mengelola penggunaan RAM, hanya caranya saja yang unik. Sistem Android akan menggunakan hampir semua RAM yang tersedia untuk menjalankan aplikasi - aplikasi di latar belakang, agar ketika dibuka, akan ter-loading dengan cepat. Namun saat kita menjalankan aplikasi yang butuh RAM besar, maka otomatis sistem Android akan membebaskan sejumlah RAM dengan cara menghentikan proses - proses yang ada di latar belakang.
Categories:

1 komentar:

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!