Rabu, 05 Oktober 2016



Widgets merupakan salah satu komponen penting dalam homescreen suatu smartphone android. Widgets yang unik dan configurable menjadi ciri khas tersendiri yang membedakan OS Android dengan OS lainnya seperti iOS. 

Namun apa jadinya, jika widget - widget yang kita letakkan di homescreen android kita, tidak bisa berfungsi dengan benar ? Hal ini lah yang saat ini terjadi pada smartphone - smartphone android yang dikeluarkan oleh Xiaomi. 

Ada sebuah bug di MIUI yang menyebabkan widget - widget tidak berjalan sebagaimana mestinya. Bug ini mempengaruhi 3rd party widget (widget yang anda download dan install sendiri), namun tidak mempengaruhi widget stock (widet yang sudah terinsall dari awal). 

Salah satu contoh dari bug ini adalah 3rd clock widget (widget jam), tidak menunjukkan waktu yang sebenarnya, seperti contoh pada gambar dibawah ini, waktu di widget clock saya sangat terlambat dibandingkan dengan waktu di HP saya.



Contoh lainnya misalnya pada weather widget, seringkali tidak terupdate, misalnya di widget itu tertulis cuaca sat ni adalah hujan deras, padahal diluar masih terang benderang.

Langsung saja, beginilah cara step by step untuk memperbaikinya

1. Buka aplikasi "Security" pada Smartphone Xiaomi anda.

2. Klik "Permissions" di bagian pojok bawah



3. Cari aplikasi widget anda, dalam contoh ini saya menggunakan "Beautiful Widgets Pro"

4. Geser slide ke kanan untuk memberikan akses autostart kepada widget tersebut



5. Kembali ke homescreen anda, hapus widget tadi, lalu add kembali. 

6. Restart Hp anda.

Jika melakukan langkah tadi dengan benar, maka masalah widget error akan hilang. 

Dibawah ini adalah tampilan widget clock saya setelah melakukan tutorial diatas, perhatikan, watu pada widget sama dengan waktu yang ada di taskbar, ini artinya widget saya berjalan dengan benar.

Cukup sekian postingan kali ini, mohon maaf apabila ada kesalahan kata dan semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

2 komentar:

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!