Jumat, 09 Oktober 2015





Asphalt 8 merupakan game racing mobile paling populer saat ini. Game besutan Gameloft ini  mampu menembus angka 4,5 juta download di Playstore sejak pertama kali diluncurkan tahun 2013 lalu.

Selain gameplay yang sangat menarik, Asphalt 8 juga menawarkan suguhan grafik yang sangat berkualitas. Bahkan banyak orang menganggapnya sudah setara dengan grafik game – game konsol.

Salah satu keunggulan dalam grafik Asphalt 8 adalah “Blur Effect”. Efek ini akan membuat mobil dan sekelilingnya seakan akan menjadi buram seiring dengan meningkatnya kecepatan mobil yang dimainkan.

Namun sayangnya, tidak semua perangkat android dapat menikmati “Blur Effect” ini. Efek ini hanya dapat terlihat di perangkat – perangkat dengan GPU kelas atas seperti seri Adreno 300an dan Mali Seri T.

Sementara di perangkat kelas bawah atau menengah, kebanyakan tidak akan dapat menikmati “Blur Effect” ini. Tentunya, kualitas visual dalam memainkan Asphalt 8 ini akan terasa kurang.

Berikut perbandingan grafik antara GPU kelas bawah dan GPU kelas atas. Perhatikan perbandingannya. Screenshot berikut dilakukan saat mobil sedang menyalakan nitro (bost)...






Namun, ada sebuah trik yang dapat dilakukan pada perangkat Android yang sudah di root. Trik ini akan membuat kita dapat menikmati “Blur Effect” tersebut.

Sebelum mengeksekusi trik ini ada beberapa persyaratan, yaitu :

1. Perangkat Android sudah di-root.
2. Sudah terinstall aplikasi Root Browser di Perangkat anda
3. Tentunya game Asphalt 8 sudah terinstall


Oke, jika persyaratan tadi sudah terpenuhi, ikuti langkah – langkah berikut : 

1. Buka aplikasi Root Browser

2. Buka folder “system”. Didalam folder itu akan ada file bernama “Build.prop”. Klik pada file itu, lalu open dengan “RB Text Editor”.



3. Akan muncul banyak teks. Scroll kebawah sedikit sampai menemukan teks “ro.product.model=xxxx”. Teks ini akan berbeda – beda tergantung merek dan tipe perangkat anda.








4. Ganti product model menjadi GT-I9505.
Contoh, awalnya teks di build.prop saya yaitu ro.product.model=HUAWEI Y520 U-22
Saya akan ganti menjadi ro.product.model=GT-I9505







5. Setelah selesai mengganti, klik ikon disket di bagian kanan atas untuk menyimpan perubahan. Setelah itu, restart perangkat anda.

6. Setelah di restart, coba anda mainkan Game Asphalt 8, maka “Blur Effect” akan muncul.



 

Bagi yang penasaran dengan cara kerja trik tadi, berikut penjelasannya...

Karena banyaknya tipe perangkat android dengan spesifikasi masing – masing, maka publisher game  Asphalt 8, yaitu Gameloft menaruh sebuah file database di dalam game tersebut.

Isi dari database itu adalah pengaturan grafik yang berbeda – beda sesuai dengan jenis serta kelas GPU dari perangkat dimana game tersebut di install.

Nah, dengan mengedit Build.prop tadi, maka kita akan “mengelabui” game Asphalt 8 dan membuat seakan – akan perangkat kita memiliki GPU dari tipe hape GT-I9505, yaitu Galaxy S4.

Galaxy S4 ,memiliki GPU yang cukup mumpuni yaitu PowerVR SGX544MP3. Game  Asphalt 8 pun akan menyesuaikan pengaturan grafik untuk GPU tersebut, walaupun sebenarnya GPU di perangkat kita berbeda. Maka dari itu, “Blur Effect” akan ditampilkan dalam permainan.

Apakah trik ini akan menimbulkan lag ?
Sejauh ini, di perangkat saya trik ini tidak menimbulkan lag.

Perangkat saya memiliki RAM 512 Mb, Cpu Mediatek Quad Core 1.2 Ghz, dan GPU Mali 400.

Saya rasa untuk perangkat android di tahun 2015 ini spek seperti itu sudah sangat minim, rata – rata pernagkat anda speknya pasti setara tau sudah lebih dari itu. Maka itu, saya positif untuk anda yang mencoba trik ini, hasilnya akan memuaskan.

Saya rasa untuk tutorial kali ini cukup sampai disitu. Terimakasih sudah menyimak :)

Reaksi:
Categories: , , ,

3 komentar:

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!